Social Icons

SELAMAT DATANG DI BLOG OFFICIAL SAYA, SALAM BLOGGER! :) NovaBench Score

Sabtu, 07 Januari 2012

eRepublik, Game Strategi Bagaikan Kehidupan Kedua

Apa Itu eRepublik?


eRepublik adalah sebuah kehidupan kedua yang berada di dalam dunia maya (internet), yang sesuai namanya e-Republik atau electronic Republik yang memiliki arti kehidupan berepublik dalam bentuk virtual, seperti e-Mail, e-Banking dan sebagainya. Dalam eRepublik ini banyak negara yang dikenal, seperti di dunia nyata dan memiliki ciri terdapat imbuhan 'e-' di dalamnya, misalnya eIndonesia, eUSA, eMalaysia, eAustralia dan seterusnya.

Bila mengacu pada 'eRepublik Laws', dalam eRepublik ini, satu orang hanya boleh mewakili satu citizen (warga negara) yang menjalani kehidupannya di New World ini. Hingga artikel ini dituliskan, banyak aktifitas yang dapat dilakukan di eRepublik seperti di dunia nyata, antara lain:

Upload Avatar: dalam kehidupan sehari-hari (In Real Life), avatar mewakili penampilan seseorang, kita dapat merubah-rubah penampilan sesuka kita. Salah satu penampilan/avatar paling umum dijumpai adalah seraham ABeRI (Angkatan Bersenjata eRepublik Indonesia).

Add Friends: tidak dapat disangkal bahwa di dunia yang baru ini, kita juga memerlukan teman, sama seperti kehidupan nyata.

Shoutout in Shoutbox: dalam kehidupan nyata berarti bercerita tantang kegiatan atau sedang menyampaikan informasi kepada semua teman-teman. Hal ini mirip dengan update status di Facebook. Dalam satu hari, setiap orang diizinkan melakukan Shoutout (menuliskan di Shoutbox) sebanyak 3 kali.

Send Message: dalam dunia nyata dapat dilambangkan SMSan, berkirim-kiriman surat atau sejenisnya.

Moving: berarti berpindah ke Region lain, meliputi perpindahan ke Propinsi lain ataupun ke Negara lain. Diperlukan Moving Ticket untuk berpindah.

Buy: dalam eRepublik, barang-barang untuk seseorang yang dapat dibeli antara lain: Food, Moving Ticket, Gift, Weapon dan House. Sedangkan produk yang umumnya dapat dibeli oleh sebuah company/perusahaan antara lain: Grain, Diamond, Iron, Oil dan Wood.

Monex (=Monetary Exchange):] seperti di dunia nyata, terdapat suatu 'pekerjaan' yang disebut dengan valas atau tukar-menukar/jual-beli mata uang lokal dengan mata uang asing/global. Mata uang yang dipergunakan dalam eRepublik ini adalah Gold, sedangkan mata uang untuk eIndonesia adalah IDR (Indonesia Rupiah)

Subscribe: berlangganan koran, tujuannya untuk menyetahui perkembangan bila ada suatu artikel terbaru dari sebuah koran. Anda dapat berlangganan koran dengan GRATIS cukup dengan klik tulisan SUBSCRIBE di atas kanan penyedia koran. Bila ada artikel terbaru, akan ada lambang bintang di icon 'event' yang ada di bagian kiri halaman, tepat di bawah icon Message dan Alert.

Vote: terdapat 4 jenis vote yang dikenal hingga sekarang:
Vote Newspaper, caranya dengan klik tombol Vote di bagian atas kiri artikel koran. Angka yang tertulis menunjukan jumpah pembaca yang menganggap artikel adalah berita bagus. Semakin banyak Vote, semakin besar kemungkinan muncul di Home eRepublik di sebuah negara (atau bahkan di dunia).
Vote Presiden, dilakukan setiap tanggal 5 setiap bulan oleh warga negara yang sedang menetap di suatu negara tersebut. Dikenal dengan istilah pilpres (pemilihan Presiden). Dapat dilakukan untuk warganegara di atas level 6.
Vote Congress, (congress=DPR) dilakukan setiap tanggal 25 setiap bulan oleh penduduk di region tersebut sebagai perwakilan daerahnya Dikenal dengan istilah unik, pilcong (pemilihan Congress). Bonus 1 experience point setiap kali melakukan vote.
Vote Party Presidency, (Party Presidency=Ketua Umum) pemilihan Ketum Partai dilakukan setiap tanggal 15 setiap bulan oleh anggota partai tersebut sebagai hak anggota partai. Bonus 1 experience point setiap kali melakukan vote.

Find a Job: seperti dunia nyata, kita juga dapat mencari pekerjaan. Saat artikel ini dibuat, terdapat 3 skill dalam eRepublik: Manufacturing, Land dan Construction.

Work: setiap orang pasti harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya seperti membeli makanan hingga membeli senjata. Mendapat 1 experience points untuk setiap work.

Train: dalam dunia nyata adalah fittness atau meningkatkan kekuatan otot, dalam eRepublik dipergunakan untuk berperang. Istilah bila aktifitas keseharian seseorang hanya Work and Train disebut WnT. Setiap train mendapat 2 experience points.

Fight: identik dengan Battle atau Perang. Istilah bila aktifitas keseharian seseorang hanya Work, Train and Fight disebut WTF. Satu kali fight mengurangi 10 wellness (kesehatan/energy) namun mendapat 2 experience points.

Join Party: bergabung di suatu partai tertentu. hanya bisa dilakukan untuk warganegara berlevel 7 ke atas.

Congress: pencalonan diri menjadi anggota DPR, ditentukan oleh Ketua Umum suatu Partai. Hanya dapat dilakukan untuk warganegara berlevel 12 ke atas. Terpilih menjadi Congress akan mendapat bonus 20 experience points.

President: pencalonan menjadi kandidat presiden, bila terpilih akan mendapat bonus 50 experience points. Hanya dapat dilakukan oleh warga negara di atas level 14.

Create a Newspaper: membuat sebuah redaksi koran, dapat dilakukan untuk warganegara dengan level 8 ke atas. Bila korannya memiliki pelanggan (subscribers) lebih dari 1000 orang, maka akan mendapat medali Media Mogul dan bonus Gold.

Create a Company: untuk orang berduit, dapat membuat perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Modal awal yang disarankan berkisar di antara 25 - 40 Gold (800 - 1400 IDR). Hanya dapat dilakukan untuk citizen berlevel 9 ke atas.

Buy/sell a company: merasa memerlukan perusahaan dengan simple? merasa tertantang untuk berbisnis? atau malah merasa perusahaan mulai bankrut? merasa tidak dapat mengurus perusahaan lagi. Saatnya menjual atau membeli perusahaan. Dapat dilakukan di bagian 'Companies for Sale'. Khusus untuk level 9 ke atas.

Agan-agan tertarik? Mari segera daftar DISINI sekarang. Mohon untuk mendaftar atas referral saya ya, karena saya juga sedang mengalami krisis moneter, dan juga jika agan mendaftar dari referral saya, maka saya akan bersedia 24jam/7hari nonstop untuk membantu agan dalam permasalahan di eRepublik, dan juga untuk lebih saling bersilaturahmi :)

Dari penjelasan di Tutorial, dalam eRepublik terdapat 4 dasar terpenting dalam pembangunan sebuah negara yang dapat dilihat disini.

Jangan lupa add saya:
Nick     : Nokia5130c-2
Lokasi  : Pulau eSumatera

Terima kasih atas perhatian agan-agan, semoga negara kita eIndonesia akan menjadi semakin lebih jaya dan solid ketika agan-agan memulai bergabung di kehidupan kedua kita ini. Semangat eINDONESIA!!! Indonesia
Koran NewsBie
(Sumber: NewsBie - Korannya Newbie  dengan beberapa pengubahan)

0 komentar:

Posting Komentar

Komennya dong gan, makasih.. ;;)

 
 

new

advertising
LETAKKAN KODE IKLAN ANDA DISINI---> KANAN